Pilihan ini akan mengatur ulang halaman muka situs ini. Mengembalikan setiap widget atau kategori yang telah tertutup.

Reset

[Full Pict] Sejarah Maskot dan Logo Mozilla Firefox

Pasti pada tahu semua dong perusahaan yang bernama Mozilla Firefox? Kali ini kita tidak akan membahas bagaimana perusahaan Mozilla Firefox berdiri, tapi kali ini akan mengulas sejarah maskot-maskot dan logo yang dipake oleh Mozilla Firefox. Berikut ulasan dan gambarnya :

Maskot-maskot Firefox

1. Kit

Maskot bertampang memelas ini didesain Sean Martell berdasarkan ide dari Chris Beard pada tahun 2006 dan diperkenalkan pertama kali kepada khalayak dengan nama Renardo di konferensi para pengembang Firefox yang bertempat di Mountain View, California. Kemunculannya menjadi sangat populer pada konferensi SXSW Interactive (festival industri kreatif di kota Texas) di tahun 2007 dan ditayangkan ke DL.TV. Karena maskot tersebut terlihat seperti rubah yang masih sangat kecil, maka diberi nama Kit (bayi rubah).

Wajah Kit didesain sedemikian rupa sehingga membuat banyak orang yang melihatnya merasa kasihan terhadap maskot tersebut dan sepertinya pembuat ingin agar kampanye ini tidak dipandang sebagai sesuatu hal yang memaksa atau menyerang tapi lebih kepada ajakan yang tulus dan menyentuh hati banyak orang dengan lembut sehingga tergerak untuk mau mendukung kampanye tersebut.

2. Foxkeh

Tampilkan ▼

Maskot ini lahir di bulan September 2006 dari tangan tim Mozilla Jepang dan seperti yang kita tahu Jepang terkenal dengan desain karakter kartunnya lucu dan unik, begitupun dengan Foxkeh. Maskot Firefox yang satu ini tampil sangat menggemaskan dan kehadirannya cukup dikenal di kalangan pengguna browser Firefox tidak terbatas di Jepang saja.

Nama Foxkeh (fokusuke) merupakan hasil sumbangan ide lebih dari 7000 member komunitas pengguna Firefox di Jepang. Nama Foxkeh (dibaca Fokusuke) berasal dari gabungan kata FIREFOX dan SUKE (nama akhiran umum untuk anak laki-laki di Jepang).

3. G-Fox

Tampilkan ▼

Pada bulan Juni 2008 Mou-Zhi Network (kantor cabang Mozilla di China) melalui CEO-nya, Gong-Li memperkenalkan maskot Firefox yang diberi nama G-Fox. Dan seperti halnya saudara-saudaranya dari Amerika dan Jepang, Kit dan Foxkeh, kehadirannya bertujuan untuk membuat kampanye penggunaan Firefox menjadi lebih menyenangkan dan bisa lebih diterima terutama untuk para penduduk China.

Bagi komunitas pengguna Firefox huruf G dari nama maskot G-fox memiliki banyak arti positif, seperti “good, great, guide, gateway, gravity, grace, gorgeous,” dan ungkapan lainnya yang bisa Anda persepsikan sendiri.

G-Fox memiliki bola mata yang besar, menandakan bahwa maskot ini sangat cermat, seperti halnya browser Firefox sebagai mata dari komputer untuk melakukan pencarian dan kegiatan lainnya untuk membantu manusia mengenal dunia dengan lebih jelas lagi. Lalu bentuk kupingnya yang panjang dan berdiri tegak memungkinkannya untuk menangkap suara-suara yang berfrekuensi kecil, dan sesuai dengan browser Firefox sebagai sebuah aplikasi open source sehingga banyak orang yang dapat memberikan kontribusinya. Karakteristik bangsa China didapat dari bentuk lengkungan (Choi Wan) pada ekor, yang menjadi penghias sekaligus penyempurna bentuknya.

3. Foxmosa

Tampilkan ▼

Dari komunitas Mozilla di Taiwan lahirlah maskot Firefox keempat yang diberi nama Foxmosa. Sudah beberapa tahun yang lalu maskot lucu ini membantu berbagai kegiatan promosi Firefox, seperti mempromosikan Firefox versi 2, Download Day dan pesta Firefox 3 untuk penggguna di Taiwan. Tapi baru kali ini beritanya dipublikasikan di situs resmi Mozilla setelah menerima detil informasi tentang Foxmosa dari salah satu anggota komunitas Mozilla Taiwan, yaitu Handsome Puppy. Sehingga sekarang ini Foxmosa sudah keluar dari kandangnya dan mulai bergabung dengan saudara-saudaranya yang lain.

Yang membuat tampilan Foxmosa seperti yang kita lihat sekarang ini adalah Tatit. Seorang ilustrator asal Taiwan yang sangat menyukai Firefox. Nama Foxmosa berasal dari tulisan China, Formosa (dibaca Fu Er Mo Sha).

Sejarah Logo Firefox

Keempat maskot di atas dan juga logo Firefox yang sering Anda lihat memiliki kesamaan, yaitu pembuatannya sama-sama terinspirasi dari bentuk salah satu hewan karnivora. Lalu bagaimana cerita awalnya sehingga logo berbentuk seekor rubah merah dengan ekor berapi sedang memeluk planet bumi ini bisa tercipta?

Semua itu bermula dari keinginan dari yayasan Mozilla untuk merancang sebuah masa depan bagi merk Mozilla dan identitas visualnya. Karena luasnya cakupan proyek yang dilakukan Mozilla sehingga menimbulkan kebingungan tentang penggunaan nama/merk Mozilla yang dideskripsikan oleh para pengguna sebagai aplikasi web browser, paket aplikasi, platform dan keseluruhan koleksi dari proyek aplikasi tanpa batasan yang jelas.

Untuk itu pada tahun 2003 dimulai dari Mozilla Suite version 2.0, yaitu sebuah paket aplikasi yang terdiri dari 4 aplikasi desktop, masing-masing telah diberi nama dan logo. Salah satunya adalah web browser yang bernama Mozilla Firebird. Namun nama tersebut tidak bertahan lama dan akhirnya oleh Ben Goodger diganti menjadi Mozilla Firefox.

Kemudian di tahun 2004 terbentuklah Mozilla Visual Identity Team yang dipimpin oleh Steven Garrity. Tim ini bertugas untuk meningkatkan kualitas dan konsistensi elemen visual (ikon/ logo, tema dasar, dll) dari produk-produk Mozilla. Jon Hicks yang bertugas membuat ilustrasi logo Firefox awalnya sedikit kesulitan dengan konsep Firefox. Akhirnya karena terinspirasi dengan lukisan dari Jepang tentang seekor rubah, akhirnya muncul gambar yang malah lebih terlihat seperti panda merah yang lucu.

Pada akhirnya desain yang dipilih adalah hasil konsep dari Daniel Burka dan sketsanya oleh Stephen Desroches. Dan didesain ulang oleh Hicks menggunakan aplikasi Fireworks MX dan Photoshop untuk pembuatan ikonnya. Dan digunakan pertama kali untuk browser Firefox versi 0,8.

Artikel Terkait



Tinggalkan Komentar Anda

Switch to our mobile site