Pilihan ini akan mengatur ulang halaman muka situs ini. Mengembalikan setiap widget atau kategori yang telah tertutup.

Reset

BlackBerry Sudah Diramal Sejak Seabad Lalu

Nikola Tesla

Fenomena BlackBerry rupanya sudah diramalkan oleh seorang ahli fisika kelahiran Serbia bernama Nikola Tesla lebih dari 100 tahun lalu. Ia membuat prediksi soal layanan olah pesan portabel di majalah Popular Mechanics pada tahun 1909.

Tesla yang namanya kini digunakan perusahaan Tesla Motors — sebuah perusahaan yang memproduksi mobil listrik — melihat bahwa energi nirkabel sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kekuatan listrik.

Ia menulis bahwa suatu hari nanti orang bisa mengirimkan email tanpa kabel di seluruh dunia. Ia membayangkan akan ada perangkat genggam yang mudah digunakan dan semua orang bisa berkomunikasi dengan alat itu.

“Ini adalah era baru teknologi,” tulis Tesla.

Majalah yang sudah menerbitkan sembilan edisi internasional itu memang sejak awal terus mencoba membayangkan bagaimana kecanggihan teknologi di masa depan. Seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (5/5/2010), majalah ini pertama kali terbit pada bulan Januari tahun 1902.

“Nikola Tesla mampu memprediksi teknologi baru yang akan lahir seratus tahun kemudian,” kata Seth Porges, editor teknologi majalah ini.

“Dia banyak berbicara tentang kekuatan nirkabel. Butuh waktu lama untuk mewujudkan semuanya. Tapi yang cukup menarik kini sudah banyak pusat penelitian seperti MIT (Massachusetts Institute Technology), Intel dan pusat penelitian lainnya”, tambahnya.

Sebenarnya ada beberapa prediksi lain yang dibawa dari masa lalu oleh para analis lainnya. Hanya saja sebagian besar di antaranya masih jauh dari kenyataan untuk saat ini. Seperti mobil terbang, bandara yang diletakkan di atas gedung luas, bahkan oven yang bisa jadi hairdryer.

Pada pertengahan abad 20, seorang penulis di majalah lain juga memprediksi bahwa suatu saat nanti kereta api yang diangkat menggunakan balon udara bisa digunakan untuk menjelajah seluruh dunia dan helm pemadam kebakaran yang bisa menyemprotkan air.

Sumber : detikINET

Artikel Terkait



Tinggalkan Komentar Anda

Switch to our mobile site