Fobita

January 2, 2010

Optimalkan Blackberry-mu untuk Setting Memory dan Baterai

Filed under: Artikel Terbaru, Blackberry, Tips dan Trik — Tags: , , , — Fobita @ 8:24 am

BlackberryBlackberry yang Anda mungkin idam-idamkan memang bukan seperti handphone biasa. Tertanam berbagai fitur teknologi yang didalamnya, misalnya saja yang kita kenal seperti email, chatting, wifi yang menyebabkan penggunaan batterai menjadi cepat habis. Terlebih beberapa tipe blackberry yang sekarang telah ditanamkan lagi teknologi GPS yang terkadang dinyalakan sepanjang hari, ini juga menjadikan batterai blackberry lebih cepat haus akan setrum.

Beberapa tips dan triks biar Blackberry kesayangan kita tidak bekerja lamban dan boros baterai. Nah disini saya akan sedikit share tentang beberapa masalah tersebut :) .

1. Optimalisasi Baterai

- Lampu LED indicator matikan (lampu merah dan hijau yang kelip2). Penggunaan lampu menarik, tapi ini        sebenarnya memakan daya dari baterai.

- Meminimalis suara alert. Cukup bunyi SMS, Telepon, BB Messenger, atau panggilan yang dianggap penting      saja. Jadi semua tidak perlu diaktifkan.

- Brightness pada Backlight dikurangi dan ubah Time Out-nya. Settingan standard Brightness pada tiap            perangkat BB adalah 100. Bisa diubah ke 80 atau 90 yang menurut anda terasa cukup nyaman untuk di         dalam ruangan.

2. Optimalisasi Memori

- Restart Blackberry anda, keluarkan baterai bila perlu. Dengan langkah ini, anda telah merefresh device-nya    lagi. Dianjurkan dilakukan 1 kali sehari.

- Hapus atau uninstall pilihan bahasa yang tidak dipakai, hapus juga program atau aplikasi-aplikasi yang        tidak pernah dipakai lewat Device Manager. Biasanya, settingan default dari RIM pilihan bahasanya masih      banyak.

Kalau perangkat BlackBerry anda belum optimal, sebaiknya anda mengupdate firmware terbaru dari website resmi operator atau dari situs RIM.

Beberapa tips bagi pengguna BlackBerry yang sering bepergian ke luar negeri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemakai Blackberry sebelum bepergian (luar negeri) agar tagihan BB-nya tidak membengkak.

- Aktifkan Wi-Fi. Matikan layanan data BlackBerry operator bila Anda tak ingin biaya tagihan Anda bengkak.      Bila tak ada Wi-Fi;
- Cukup aktifkan e-mail personal saja.
- Jangan membuka mailing list.
- Jangan membuka Contact list di berbagai jenis Instant Messenger (YM, MSN Live, dan lain-lain).
- Jangan terlalu sering mengirim dan menerima file berkapasitas besar.

Nah, selain itu, ada lagi satu hal yang menurutnya seharusnya dilakukan pemilik Blackberry sebelum mereka bepergian ke luar negeri.
Tips :
Cari roaming partner dari operator BlackBerry yang kita gunakan. Misalnya, Anda ingin bepergian ke Thailand. Sebelum berangkat, ada baiknya Anda hubungi customer service operator Anda. Kemudian tanyakan, apakah mereka bekerja sama dengan salah satu operator di Thailand. Apabila ada, Anda tak perlu khawatir tagihan bengkak selama BlackBerry-an di sana. Selamat mencoba tips dan triks Blackberry diatas dan Go Blackberry……..!!!!!!

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress

Switch to our desktop site